Friday, April 09, 2010

Masalah long file name di CLASSPATH environment variable

Urusan kompail-mengkompail program Java di lingkungan sistem operasi Microsoft Windows ternyata bisa dibilang susah. Tapi kalo udah tahu triknya jadi gampang. Makanya pada akhirnya banyak orang bilang (termasuk saya) kalo bikin program Java di MS Windows itu susah-susah gampang.

Yang susahnya dulu: Dua hari saya coba melakukan kompilasi satu program kecil dalam bahasa pemrograman Java. Nggak sukses! Nyebelin nggak? Semua file *.jar yang dibutuhin udah diinstall. Proses instalasi paket softwarenya juga udah diulang sampe dua kali, masih juga nggak bisa. Ternyata salahnya di mana? Karena ada spasi di environment variable buat CLASSPATH!

Microsoft Windows kan mengijinkan sebuah nama folder yang terdiri atas spasi. Yang paling gampang ya "C:\Program Files\". Selama dua hari terakhir, saya naro nama folder di variabel CLASSPATH yang kebetulan disimpen di "Program Files" dengan cara seperti ini:

set CLASSPATH="C:\Program Files\bla bla bla\apaan.jar";"C:\Programs\apaan-lagi.jar"

Dicek berulang-ulang, diketik berulang-ulang variabel CLASSPATH-nya, semuanya udah bener. Eh.. ternyata.. begitu dicek di internet tentang masalah long file name ini, ada yang posting di sini. Ternyata harusnya gimana? Harusnya begini:

set CLASSPATH="C:\Program Files\bla bla bla\apaan.jar;C:\Programs\apaan-lagi.jar"

Perhatikan bedanya, pada setting pertama, setiap kali naro satu file jar di CLASSPATH, diapit oleh sepasang tanda kutip. Setiap kali nambahin satu file jar lagi yang mau ditambahin di CLASSPATH, apit lagi di antara sepasang tanda kutip.

Solusinya? Pasangan tanda kutipnya jangan kebanyakan. As simple as that.

Kebayang nggak seh, dua hari nggak sukses ngompail cuma gara-gara sepasang mata bola! Eh.. sepasang tanda mata.. ehhh.. sepasang tanda kutip!

No comments:

Post a Comment