Tuesday, April 28, 2009

andLinux dan Instalasinya.

Dalam posting sebelumnya, saya hanya menyebutkan status kemajuan instalasi andLinux di komputer saya. Sebelumnya saya sudah berhasil melakukan proses instalasi, namun ternyata proses apt-get update dan apt-get upgrade tidak bisa berjalan sempurna karena komputer yang saya gunakan terlindung di belakang satu Proxy Server.

Tulisan ini saya buat agar mereka yang ingin bereksperimen dengan andLinux dapat memecahkan masalah yang sempat saya hadapi.

Pertama, apa sih andLinux itu? andLinux adalah sebuah distribusi sistem operasi Linux yang bisa dipasang di lingkungan sistem operasi Windows bagaikan sebuah aplikasi biasa. Kira-kira mirip seperti jika kita memasang software game atau Microsoft Office di komputer berbasis Windows. Dengan demikian kita bisa menjalankan dua sistem operasi yang berbeda pada saat bersamaan.

Kok bisa? Bagaimana mungkin hal ini dilakukan? andLinux menggunakan teknologi virtualisasi, di mana sistem operasi Windows, yang disebut sebagai Guest Operating System, dianggap oleh andLinux sebagai sebuah perangkat keras sungguhan. Padahal sesungguhnya semua yang terjadi adalah membuat perangkat keras semu atau virtual. Karena itu teknologi yang digunakan disebut dengan virtualization.

andLinux sendiri dibangun di atas sebuah virtualisasi Linux bernama coLinux. Bedanya andLinux sudah membungkus semua yang diperlukan dalam satu bundle. Jika anda ingin mencoba coLinux, anda harus melakukan berbagai macam setting secara manual, termasuk melakukan instalasi driver kartu jaringan virtual bernama TapWin32. Dengan mengunduh paket andLinux, semuanya sudah diotomasi. Yang perlu dilakukan adalah klik-ganda pada berkas instalasi andLinux, dan kemudian klik next-next-next-finish. Semudah kita memasang perangkat lunak berbasis Windows yang lain.

Sebelumnya tentu kita perlu mengunduh paket instalasi andLinux dari situsnya. Dalam artikel ini, yang saya gunakan adalah paket instalasi dengan window manager KDE.

PERHATIAN: Ukuran berkas instalasi andLinux yang lengkap dengan window manager KDE adalah 653megabita. Jika koneksi internet di tempat anda kurang stabil, ada baiknya anda minta tolong rekan atau teman yang memiliki koneksi internet stabil dan cepat.

Setelah berhasil diunduh, lakukan proses instalasi seperti memasang perangkat lunak yang lain. Klik ganda, lalu next-next-next-finish. Dalam prosesnya, paket instalasi akan memasang juga driver kartu jaringan virtual TapWin32. Prosesnya cukup mudah, semua setting alamat IP virtual juga dilakukan secara otomatis selama proses instalasi.

Lalu apa masalahnya? Masalahnya muncul dalam kasus seperti saya di mana komputer yang saya pasang andLinux berada dalam jaringan privat dan dilindungi oleh satu server Proxy.

Apa saja masalahnya, dan bagaimana mengatasinya? Semuanya saya tuliskan dalam artikel berikut ini.

No comments:

Post a Comment