Tuesday, April 21, 2009

Sinkronisasi Waktu melalui PrayTime.Info

Kadang-kadang saya sering memerlukan untuk mensinkronisasikan jam komputer yang saya gunakan agar sama dengan komputer-komputer lain. Dulu biasanya saya menggunakan utilitas yang memanfaatkan protokol NTP, Network Time Protocol. Namun seringkali saya menemui masalah karena protokol ini menggunakan nomor port tertentu yang biasanya tidak dijinkan untuk digunakan, terutama jika komputer-komputer yang saya gunakan berada di belakang komputer proxy atau firewall.

Dalam dunia internet sekarang, di mana kegiatan browsing merupakan salah satu kegiatan utama, protokol yang biasanya diijinkan untuk menggunakan port komunikasi adalah protokol HTTP.

Dengan menggunakan protokol HTTP, sekarang saya tidak perlu lagi menggantungkan diri pada protokol NTP. Sejak saya menemukan situs PrayTime.Info, saya dapat mensinkronisasikan waktu komputer saya dengan mudah. Walaupun masih menggunakan cara manual, paling tidak metode ini cukup efektif, setidaknya bagi saya.

Yang saya maksud dengan cara manual adalah, ketika mencocokkan jam komputer, saya tetap harus melakukan setting melalui Control Panel. Jika saya menggunakan protokol NTP, semuanya dilakukan secara otomatis.

Ok, langsung saja saya sampaikan apa yang saya lakukan untuk mencocokkan jam komputer saya dengan waktu internasional.
  1. Buka browser, dan arahkan ke situs PrayTime.info. Situs ini secara otomatis akan mengenali wilayah geografis komputer anda. Tentunya ini tergantung dari parameter yang ada di "Regional Settings" di dalam Control Panel komputer anda. Untuk komputer-komputer di Indonesia, biasanya sih pada saat instalasi sistem operasi, wilayah geografis ini akan di-set ke GMT+0700.
  2. Perhatikan di bagian kanan dari situs, akan ditampilkan informasi seberapa lambat atau seberapa cepat jam komputer kita dibandingkan waktu standar di internet. Dalam contoh saya ini, komputer saya dikatakan "Your computer clock is 14 sec slow".

  3. Berdasarkan informasi ini, selanjutnya saya klik-kanan pada icon jam (biasanya di pojok sebelah kanan bawah), lalu pilih "Adjust Date and Time".
  4. Untuk mencocokkan waktu, pertama saya lakukan sedikit perhitungan. Karena jam komputer saya lebih lambat 14 detik, maka nanti saya akan klik bagian menit dari jam di window "Adjust Date and Time". Begitu saya klik, jam komputer akan dihentikan hingga kita meng-klik tombol Ok atau Cancel. Yang saya lakukan adalah saya majukan bagian menit itu maju satu menit lebih awal, lalu saya hitung mundur (60 - 14) detik, atau 46 detik. Empat puluh enam detik kemudian, saya klik tombol OK.
  5. Saya Refresh situs PrayTime.Info, maka tampilan "Your computer clock is 14 sec slow" tidak ada lagi, karena jam komputer saya sekarang sudah cocok dengan waktu internet.


No comments:

Post a Comment