Tuesday, August 18, 2009

Jam Analog

Pada ulang tahunku di tahun 2009 kali ini, sahabatku Wisnu memberi hadiah sebuah jam tangan analog. Di muka jam tangan itu tertera angka tanggal yang menempati posisi pukul tiga. Angka tanggal ini berganti setiap kali waktu menunjukkan pukul 12 malam. Angka-angka tanggal yang tertera seluruhnya ada 31, sesuai dengan jumlah hari terbanyak dalam sebuah bulan Masehi.



Pada pergantian bulan, ketika angka di kalender dinding menunjukkan tanggal 1 bulan berikutnya, aku tidak mengoreksi angka tanggal yang tertera pada jamku. Kubiarkan angka di jam putihku menunjuk angka 31, yang seharusnya kumajukan satu hari sehingga sama dengan tanggal 1.

Hal ini terus kulakukan setiap kali pergantian bulan. Maksudnya, aku tidak melakukan koreksi setiap kali seharusnya aku memajukan angka tanggal di jamku. Demikianlah, ketika bulan kedua setelah bulan ulang tahunku tiba, angka tanggal di jamku masih meleset satu hari. Di bulan ketiga, masih meleset satu hari juga. Bulan keempat, meleset semakin jauh, dua hari.

Begitu seterusnya.

Pada bulan apakah aku berulang tahun?

Pada bulan dan tahun berapakah angka tanggal pada jam analog pemberian Wisnu kembail menunjukkan angka yang sama dengan angka tanggal di kalender?

Catatan: Gambar diambil dari http://www.qualitylogoproducts.com/tradeshow-promotions/cambridge-analog-watch.htm

No comments:

Post a Comment