Friday, September 18, 2009

Kapan Idul Fitri?

Sejak beberapa tahun terakhir, sering muncul pertanyaan kapan dimulainya bulan Ramadhan atau datangnya hari Lebaran Idul Fitri.

Untuk membantu menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini ada situs yang membantu memberikan jawaban. Situs pertama, Rukyatul Hilal, dibuat oleh orang Indonesia, berisi informasi terpadu dan beberapa sumber daya. Informasi yang termuat di dalam situs ini antara lain berbagai metode yang dilakukan untuk menentukan awal bulan Hijriah, baik dengan cara hisab maupun dengan cara rukyat. Di samping artikel-artikel tersebut, kita juga bisa dapatkan beberapa perangkat lunak yang dapat diunduh untuk membantu kita mendapatkan informasi kapan awal bulan terjadi.

Situs kedua dibuat oleh sebuah tim astronom dari universitas McDonald di Texas, Amerika Serikat. Situs ini bernama Star Date Online. Pada bagian Moon Phase, kita dapat melihat secara visual fase bulan sepanjang bulan berjalan. Jika anda mengunjungi situs ini pada bulan September 2009, anda dapat lihat bahwa pada tanggal 20, fase bulan sudah melewati bulan baru, terbukti dengan terlihatnya sabit bulan yang sering kita dengar dengan nama Hilal.

Insya Allah, saya akan berikan satu artikel tentang berbagai kriteria penentuan awal bulan dalam budaya Islam dalam tulisan terpisah.

No comments:

Post a Comment