Thursday, July 08, 2010

Bulan Sya'ban 1431

Menurut situs Crescent Moon Watch, tanggal 13 Juli 2010 ini, kita sudah akan memasuki bulan Sya'ban 1431. Selesailah sudah ibadah piala dunia, digantikan dengan persiapan mental menjelang bulan Ramadhan. Setelah tahu siapa saja yang jadi pemenang piala dunia, dalam dua bulan ke depan, kita akan tahu siapa pemenang piala akhirat, insya Allah.

Secara astronomis, bulan baru (New Moon) terjadi pada pukul 19.40 GMT pada tanggal 11 Juli 2010. Bulan baru adalah posisi ketika secara dua dimensi, ketika digambarkan di atas kertas, Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Menurut waktu indonesia bagian barat, saat itu kebanyakan orang di Indonesia sedang istirahat malam, karena di Indonesia sudah masuk tanggal 12 Juli 2010, pukul 02.40 WIB dini hari (sebagian orang mungkin ada yang menyempatkan diri bangun sholat tahajud).

Seperti digambarkan di situs CMW, pada saat itu, bisa dibilang tidak ada daerah mana pun di muka bumi ini yang bisa melihat hilal (crescent).



Garis-garis warna biru muda di bagian kiri dari gambar ilustrasi di atas, menunjukkan wilayah di muka bumi yang bisa mulai bersiap-siap melihat hilal. Akan tetapi, seperti ditunjukkan, sangat kecil kemungkinannya pada saat itu hilal bisa terlihat di benua Amerika dan samudera Pasifik.

Satu hari kemudian, pada tanggal 12 Juli 2010, mulai ada sebagian wilayah muka bumi yang bisa melihat hilal, seperti yang ditunjukkan pada diagram berikutnya.


Berdasarkan legenda yang dicantumkan di bagian bawah diagram, tampak bahwa sebagian wilayah Indonesia dapat melihat hilal dengan bantuan alat optis, terutama wilayah-wilayah di pulau Sumatera, Jawa, dan bagian barat Kalimantan. Pada diagram tersebut juga ditunjukkan daerah yang diperkirakan dapat melihat hilal pertama kalinya tanpa bantuan alat optis, yaitu wilayah di samudera Hindia yang ditandai dengan bulatan.

Jika memang hilal bisa terlihat pada saat itu (waktu Maghrib tanggal 12 Juli 2010), maka tanggal 1 bulan Sya'ban jatuh bertepatan dengan tanggal 13 Juli 2010. Jika menggunakan metode rukyat (yang arti harfiahnya "melihat"), maka jika hilal memang bisa terlihat walaupun dengan alat bantu optis maka tanggal 13 Juli 2010 sudah masuk bulan Sya'ban, akan tetapi jika hilal tidak berhasil terlihat, maka bulan Rajab bisa digenapkan satu hari lagi, sehingga bulan Sya'ban jatuh pada tanggal 14 Juli 2010.

Peta dan diagram yang disajikan di situs CMW ini tentunya dibuat berdasarkan perhitungan astronomis, yang di dalam bahasa Arab disebut dengan hisab. Maka jika kita berpegang pada metode hisab, maka bulan Sya'ban akan kita masuki pada tanggal 13 Juli 2010. Atau lebih tepatnya lagi, selepas sholat Maghrib pada hari Senin 12 Juli 2010, kita sudah mulai masuk bulan Sya'ban 1431.

Sebagai informasi tambahan, situs CMW juga menunjukkan keadaan hilal yang bisa terlihat di seluruh permukaan bumi pada tanggal 13 Juli 2010.


Bagaimana dengan awal bulan Ramadhan dan Syawal? Pantau terus situs Crescent Moon Watch!

No comments:

Post a Comment