Thursday, August 12, 2010

Kenapa Bisa Ada Perbedaan?

Kadang-kadang, penetapan awal bulan Hijriah, terutama untuk bulan-bulan Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah, bisa berbeda antara tempat yang secara geografis saling berdekatan. Pertanyaan yang wajar dilontarkan adalah, "Kenapa bisa berbeda?"

Jawabannya bisa ditemukan pada kenyataan, bahwa ketika terjadi gerhana, baik gerhana matahari maupun gerhana bulan, tidak semua tempat di muka bumi ini dapat menyaksikan kejadian gerhana tersebut. Karena awal bulan Hijriah ditentukan dari kriteria terlihatnya Hilal di ufuk barat ketika matahari terbenam, maka fenomena yang sama pun bisa terjadi. Ketika hilal terjadi dan dapat dilihat di sebuah tempat, tidak semua tempat di muka bumi ini bisa melihat hilal yang sama.

Di tahun 2010 ini, kebetulan ada contoh kasus di mana di semenanjung Korea, ketika sebagian wilayah Asia barat dan Afrika sudah dapat melihat hilal, di semenanjung Korea hilal belum dapat terlihat. Walaupun dilihat secara geografis, lokasi semenanjung Korea dibandingkan dengan Indonesia bisa berada pada zona waktu yang sama, di Indonesia hilal bisa terlihat.

No comments:

Post a Comment