Friday, November 23, 2007

invisible hands

Banyak penelitian mencari alternatif cara untuk bisa membuat orang terbang. Mulai dari teknologi sayap di pesawat terbang, teknologi rotor di helikopter, termasuk juga teknologi magnetic levitation untuk kereta.

Mungkin nggak ya.. energi magnetik ini serupa dengan teknologi angin. Aneh emang pemikiran gue, gue juga nyadar. Tapi maksud gue begini.. ambil misal peristiwa di mana sehelai daun atau kertas tertiup angin. Apa yang membuat daun itu bisa terbang mungkin bisa serupa dengan apa yang membuat sebuah kereta melayang tanpa tiang penyangga.

Arah pertanyaan gue nantinya begini.. apa sih sebenernya energi yang menyusun angin itu? Kalo dilihat secara fisika, angin itu kan isinya molekul-molekul udara, yang isinya campuran dari berbagai gas. Mulai dari oksigen, nitrogen, hidrogen, dan kawan-kawannya. Ketika angin bertiup, apa sih yang sebenarnya terjadi dengan molekul-molekul gas itu?

Lalu bagaimana dengan kejadian ketika energi magnetik menopang sebuah kereta? Apakah di sana ada 'molekul-molekul' seperti ketika angin menopang helai-helai daun?

Dari sini gue berpikir apa mungkin ya, kita bisa mencari energi alternatif yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah benda melayang...

No comments:

Post a Comment