Wednesday, November 14, 2007

Graph Mining

Sebagian teknik Data Mining menambang data yang direpresentasikan dalam bentuk graf. Secara matematis, graf itu adalah himpunan Vertex dan Edge. Ditulis:
G=(V,E).
Biasanya graf lebih sering digambarkan. Contoh paling gampang adalah peta. Sebuah peta bisa dianggap sebagai graf di mana kota-kota dalam peta mewakili vertex sedangkan jalan yang menghubungkan antara kota yang satu dengan kota yang lain mewakili edge.
Secara lebih luas, sebuah graf bisa merepresentasikan apa pun. Misalnya, vertex bisa merepresentasikan orang / individu sedangkan edge merepresentasikan hubungan pertemanan / persahabatan antara individu. Jika para individu ini memiliki account di friendster misalnya, maka graf yang dihasilkan disebut graph of social networking. Bagi mereka yang punya account friendster, pasti tahu kan apa yang namanya 1st degree friends, 2nd degree friends, dan seterusnya.
Aplikasi graf tidak hanya terbatas untuk merepresentasikan peta ataupun social networking. Banyak sekali masalah dunia nyata yang bisa dimodelkan dengan graf. Topik yang menarik dari konsep sederhana ini adalah Penambangan Graf (Graph Mining). Graph Mining mencari pola-pola yang menarik antara hubungan pertemanan misalnya. Dengan graph mining, kita bisa mencari potensi pertemanan antara seseorang dengan orang lain yang belum dia kenal. Mungkin juga kita bisa memprediksi apakah hubungan pertemanan dua orang berlainan jenis bisa meningkat ke hubungan yang lebih sakral semisal pernikahan misalnya.

No comments:

Post a Comment