Friday, September 02, 2011

Satu-satunya Negara yang Lebaran 31 Agustus 2011?

Di tahun Hijriah 1432 ini, Idul Fitri di Indonesia sekali lagi dirayakan dua kali. Semata-mata karena adanya perbedaan kriteria dalam menetapkan awal bulan Hijriah. Sebagian masyarakat di Indonesia menyayangkan keputusan pemerintah, dan menyesalkan kenapa pemerintah membuat keputusan untuk menetapkan tanggal 1 Syawal 1432 H bertepatan dengan tanggal 31 Agustus 2011, bukannya tanggal 30 Agustus 2011. Mereka antara lain menyesalkan dengan mengajukan alasan bahwa di seluruh dunia, hanya Indonesia lah satu-satunya negara yang secara formal menetapkan keputusan ini.

Sebagai pembanding, berikut ini adalah kutipan dari situs hilalsighting.org di Amerika Utara yang ternyata menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1432 H jatuh bertepatan dengan tanggal 31 Agustus 2011.

Penafian: Artikel ini saya buat bukan bertujuan untuk memperpanjang polemik perbedaan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Semata-mata tujuannya untuk memberikan pengetahuan kepada khalayak luas, bahwa bukan hanya Indonesia satu-satunya negara yang menetapkan Idul Fitri tahun 1432 H jatuh bertepatan dengan 31 Agustus 2011.

No positive naked-eye hilal sighting reports have been received at this time from anywhere in the mainland USA or Canada.  On the basis of many negative reports, there is an overwhelming probability that we will complete 30 days of Ramadan, and Eid ul Fitr will fall on Wednesday, August 31. 

No comments:

Post a Comment